Monday 15 August 2011

Belajar Bahasa Toraja Bagian 1


Saat ini saya lagi senang-senangnya menulis tentang bahasa Toraja/Toraya, mungkin karena saya lagi kangen sama kampung tercinta :) Pada kesempatan ini pula saya kembali akan memberikan beberapa arti bahasa toraja dalam bahasa inggris dan Indonesia, semoga bisa membantu anda yang mau belajar bahasa Toraja/Toraya :) Buat teman-teman yang berasal dari Toraja/toraya yang ingin memberikan masukan atau ide, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar, saya akan coba untuk menampung masukan dari anda-anda semua.

Toraja adalah daerah yang indah dengan budaya yang sangat unik dan menarik untuk di kunjungi Wisatawan lokal/Mancanegara.  Untuk itulah kenapa saya mencoba memperkenalkan bahas toraja, supaya wisatawan yang mau berkunjung ke Toraja bisa mendapatkan sedikit informasi dari blog saya ini mengenai bahasa Toraja. Semoga bisa membantu anda yang sedang mencari artikel ini :

1. Apamo tumi sipa'kadan? = what are you discuss? = Apa yang sedang kalian bicarakan?
2. Umba muni torro? = Where are you live ? = Dimana kamu tinggal ?
3. Indan na sangngammu sangmane? What's your name? = Siapa namamu kawan?
4. Umbaraka nani tu sangmane bunga? Where is my friend bunga? = Dimana teman saya bunga?
5. La moraina' kumande = I wanna eat = Saya mau makan
6. Tette' piramo ? = What time ? = Jam berapa?
7. Tette' pitu = Seven o'clock = jam tujuh
8. Apa dikandian ? = what side dishes ? Lauk pauknya apa?
9. Mellong tu benemu = Your wife is beautiful = Istrimu cantik sekali
10. Apa tu mupokada? = What are you say? = Apa yang kamu bilang?
11. Malelako Jakarta = Go to Jakarta = Pergi Kejakarta
12. Tondok = village = Kampung
13. Banua tongkonan = Tongkonan Home = Rumah tongkonan
14. Ma'pakena = Lie = bohong
15. Tangdia' = Hungry = Lapar
15. Lamalepa' mamma' dolo = I wanna sleep = Saya mau tidur dulu
17. Mamase = Pity = Kasihan
18. Makarorrong = desolate = sunyi sepi


Demikian dulu pelajaran bahasa Toraja kita pada kesempatan kali ini, saya akan kembali dengan artikel bahasa toraja lainnya. Buat teman-teman yang mau share, jangan lupa di sertakan link aslinya. Terimakasih
Terima kasih telah membaca artikel: Belajar Bahasa Toraja Bagian 1

Artikel Terkait Yang Mungkin Anda Suka :